Teteh Titiem Si May


Bagi kalian para penggila netter, pasti sudah tidak asing lagi dengan lambang ini "@" atau yang sering disebut dengan "et". sebagai pemula yang penuh ambisi, ceeilee segitunya. aku mencoba mencari tahu tentang Asal muasal lambang ini "@" . Akhirnya aku orak-arik rumah mbah google, alhamdulillah aku menemukan.


Penemu lambang "@"

Para ahli berpendapat bahwa simbol @ pertama kali muncul pada abad ke-6 & ke-7, setelah ahli tulis Latin mengadaptasikan simbol @ dari kata Latin “ad”, yang berarti “di”, “kepada”, dan “untuk”. Karena pada awalnya simbol @ terdiri dari dua huruf, maka ahli tulis Latin tersebut mencari cara untuk mengubahnya sedemikian rupa sehingga menjadi satu huruf saja. Maka terciptalah sebuah ligature (kombinasi dua huruf) gabungan dari dua huruf ‘d‘ ke ‘a‘ (dibawah adalah ilustrasinya).

Setelah itu terdapat argumentasi bahwa simbol @ merupakan metode baru dalam bidang perdagangan pada abad ke-18, sebagai simbol per-satuan (5 buku @Rp 10.000–> 1 buku harganya Rp 10.000 jika 5 maka harganya Rp 50.000).

Kenapa menjadi simbol E-mail?
Ide menggunakan simbol @ untuk E-mail dicetuskan oleh seorang insinyur yang bekerja pada sebuah firma konsultan Bolt, Beranek, and Newman (BBN) di Cambridge, Massachussets. Namanya adalah Ray Tomlinson.

Ketika tahun 1971, BBN mendapatkan kontrak dari ARPA (Advance Research Project Agency) yang merupakan bawahan Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk mengembangkan jaringan komputer yang disebut ARPANET. ARPANET inilah sebagai cikal bakal internet yang akan menjadi seperti sekarang. Para staf BBN meneliti dan mengembangkan sebuah aplikasi untuk dapat meninggalkan pesan pada setiap komputer dalam jaringan ARPANET. Nah Ray Tomlinson inilah yang memberi gagasan untuk menggabungkan aplikasi ini dengan aplikasi lain yang dapat mengirim file dan dapat saling bertukar pesan elektronik antarkomputer yang terhubung dengan jaringan ARPANET.

Aplikasi ini mempunyai kendala yaitu simbol apa yang sebaiknya digunakan. Simbol ini harus benar-benar terlepas atau tidak digunakan di dalam nama ataupun alamat lokasi dari e-mail itu sendiri. Kemudian Ray Tomlinson memilih menggunakan simbol @ “at” yang berarti “dari” atau “di” karena simbol ini tidak akan muncul pada nama siapa pun.

Pada tahun 1972, Ray Tomlinson mencoba prototype-nya untuk mengirim pesan elektronik yang pertama yang sekarang dikenal dengan sebutan e-mail. Dan sejak saat itu semua nama alamat e-mail menggunakan simbol @ sebagai pembatas antara nama user dengan nama domain e-mail tersebut…

Dan apapun alasan yang disebut Ray, yang jelas lambang @ saat ini telah menjadi lambang yang sangat penting dalam dunia internet. Dan, lebih jauh dari itu, lambang itu kini bisa jadi adalah lambang yang telah mengubah peta teknologi dunia secara umumnya. Jadi, jangan anggap remeh penemuan yang Anda lakukan, bisa jadi, suatu saat kelak, apapun bentuk penemuan itu, asal berguna bagi orang lain, akan berguna juga bagi dunia.

begitulah, secuplik tentang asal-muasal lambang "@"

source
paman google.com dan http://lieagneshendra.blog.friendster.com/?p=2297



Label: | edit post
0 Responses

Posting Komentar